Rabu, 02 Oktober 2013

Hari Batik Nasional

Chirp..chirp..

Hey kawan, tahu nggak kalian hari ini hari apa ya?!

"Hari Rabu !" tepat sekali. Namun, bukan sekedar hari Rabu biasa loh. Yep, hari ini merupakan Hari Batik Nasional. Empat tahun lalu, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009, Batik resmi dinyatakan oleh UNESCO sebagai warisan budaya nonbenda milik Indonesia.

Kita patut bersyukur dan bangga menjadi bangsa Indonesia yang memiliki beraneka ragam budaya, seperti Batik yang sudah diakui dunia. Bangga saja tidak cukup, kita harus berperan aktif dalam melestarikannya.

Caranya? Gampang. Pakai baju batik! Nggak hanya itu, zaman sekarang batik sudah dikembangkan dalam berbagai produk dan kerajinan tangan, seperti tas batik, sendal batik, softcase smartphone, dan masih banyak lagi benda-benda yang bercorak batik.

Kalian tahu lah ya, batik kita coraknya bermacam-macam, misalnya ada corak Kawung, Parang, dan Sido Mukti. Nah, corak yang beragam itu katanya memiliki filosofi-nya masih-masing!

Kawung, corak bunga teratai yang merekah, melambangkan umur panjang dan kesucian.


Parang, bercorak mata parang yang mewakili kekuatan dan kekuasaan. By the way, ini corak favorit gue. :)

Sido Mukti, melambangkan kebahagiaan. Corak ini seringkali dipakai oleh para pengantin tradisional, sehingga diharapkan mereka akan mendapatkan kebahagiaan dalam rumah tangganya kelak.

Jadi, selain menambah keindahan penampilan, batik yang kita pakai bisa mencerminkan nilai pribadi kita dalam rangka melestarikan budaya Batik Indonesia.

Selamat Hari Batik Nasional. :)

-van Meijer


(cr gambar: batikcrb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar